Kamis, 30 Januari 2020

Masalah Pada Konstruksi Jembatan



Melewati jembatan sudah menjadi aktifitas harian untuk banyak orang, selain dapat menghubungkan dua jalan jembatan juga digunakan untuk membantu pergerakan lalulintas, namun pemeriksaan konstruksi jembatan yang jarang di lakukan akan dapat mengurangi umur dari jembatan yang sudah di tetapkan pada saat pembangunan, pemeriksaan kosntruksi pada jembatan harus di lakukan untuk meningkatkan keamanan jembatan agar aman di lalui agar tidak menimbulkan Masalah Pada Konstruksi Jembatan.
Bebeberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada jembatan di antaranya, beban yang di terima mengalami overload menyebabkan jembatan tidak kuat menahan berat, selain itu cuaca dan bencana alam, faktor-faktor tersebut menyebabkan kerusakan pada bangunan bawah jembatan maupun bagian atas bangunan jembatan,di antaranya:


  • Pondasi
Kegagalan pada pondasi langsung secarafisik dapat terjadi ketika struktur tersebut mengalami amblas atau miring nya pondasi.
  • Sumuran 
Adanya kejanggalan pada pondasi sumur,yaitu kegagalan pondasi sumur secara fisik tidak sesuai dengan seharusnya.


  • Tiang pancang
Kejangalan pada pondasi tiang pancang, kegagalan pondasi tiang pancang beton atau baja mengalami amblas atau patah.


Kerusakan pada Pondasi
Add Caption

Selain bangunan bawah, kondisi tadi juga dapat mempengaruhi bangunan atas yang bisa menggangu kenyamanan parapengguna jembatan ataupun melukai pengguna jembatan karena kondisi jembatan yang tidak aman di lalui , kerusakan tersebut berupa:


  • Kerusakan Pada Aspal
kerusakan pada aspal berupa retakan atau hancur nya aspal, yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna jembatan, kerusakan pada aspal harus di awasi agar tidak membesar dan dapat mencelakakan pengguna jembatan.
  • Kerusakan Expansion Joint
Kerusakan pada expansion joint biasanya sering di temukan pada bagian Joint Sealant, Joint Sealant yang sudah rusak dan menyebabkan lubang panjang yang dapat mencelakakan pengguna jembatan.
  • Cable Hanger
Terjadinya kerusakan Cable Hanger, kerusakan tersebut dapat menimbulkan runtuh nya jembatan, sebab tidak kuatnya lagi jembatan menahan beban.
maka dari itu harus nya dilakukan perawatan menggunakan Structural Health Monitoring System (SHMS)




Lepas nya Cable Hanger Jembatan
Retaknya Jembatan







Sumber
https://awsimages.detik.net.id/visual/2019/12/30/6fac2300-af0a-4982-a01c-b7764949808d_169.jpeg?w=650


Previous Post
Next Post

Testing Indonesia merupakan situs penyedia produk pengujian (testing products) seperti diantaranya rubber testing equipment, universal testing machine, non destructive testing, data logger, vibration instrument, dan lain - lain.