Selasa, 15 September 2020

penggunaan hardness tester



Hardness Tester– Tiap material yang digunakan buat bahan baku industri umumnya hendak hadapi bermacam deformasi ataupun pengaruh style dari luar. Deformasi yang sangat kerap didapatkan oleh material merupakan Style tekan ataupun penetrasi. Style tekan inilah hingga nilai kekerasan material kerap berganti– ganti.

Biar mutu produk yang digunakan senantiasa terpelihara hingga nilai kekerasan material wajib senantiasa diukur metode melaksanakan suatu pengujian kekerasan ataupun hardness test. Sesungguhnya prinsip dasar uji Kekerasan ini sangat simpel ialah dengan metode membagikan Style tekan ataupun indentansi yang besar nilainya telah diresmikan tadinya pada permukaan material yang diuji. uji kekerasan tidak bisa dicoba secara manual tetapi wajib memakai perlengkapan bantu yang diucap hardness tester.

Pemakaian Hardness Tester

Khasiat dari hardness tester itu sendiri telah jelas buat menganalisa serta mengukur nilai kekerasan pada sesuatu material secara akurat. Hardness tester ada dalam sistem analog ataupun digital, tetapi saat ini ini lebih banyak yang ada dalam sistem digital. Tetapi secara universal hardness tester dipecah jadi 2 kelompok ialah portable hardness tester serta Bench hardness tester.

tiap- tiap kertas tester mempunyai guna kerja yang berbeda- beda cocok dengan tata cara yang digunakan kekerasan ialah panel likers rockwell, brinell, vickers serta microhardness. Berikut ini uraian tentang pemakaian hardness tester buat tiap jenisnya:

Bench hardness tester: perlengkapan ini umumnya digunakan laboratorium. Triknya, pasang injektor pada bagian knop mesin dengan metode diputar. Kemudian Letakkan material yang hendak diuji senantiasa di atas plate. Berikutnya, Arahkan bagian lensa pada mikroskop pada permukaan material uji. Kemudian atur tingkatan ketinggian plate supaya letaknya cocok dengan lensa mikroskop, amati tampilannya pada layar monitor.

Portable hardness tester: perlengkapan uji Kekerasan ini tercantum yang sangat gampang digunakan serta gampang dibawa kemana saja. metode memakainya tempelkan nozzle pada permukaan material uji kemudian diamkan sebentar. Hendak nampak nilai kekerasan material tersebut pada display monitor portable harness tester. Ring yang digunakan pada nozzle wajib disesuaikan dengan tingkatan kekerasan serta pula kekasaran permukaan material yang diuji. 

Previous Post
Next Post

Testing Indonesia merupakan situs penyedia produk pengujian (testing products) seperti diantaranya rubber testing equipment, universal testing machine, non destructive testing, data logger, vibration instrument, dan lain - lain.